Pendidikan Profesi guru Mencetak Guru Masa Depan (Guru Profesional) yang memiliki empat Kompetensi yaitu Pedagogik, Sosial, Kepribadian dan Profesional.
Selasa, 13 Maret 2018
Prodi Ekonomi Siap Peer Teaching Siklus Tiga
(Humas Asrama PPG SM3T VI UNM) - Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM3T Universitas Negeri Makassar Angkatan VI Jurusan Pendidikan Ekonomi siap melakukan Peer Teaching siklus tiga yang akan dilaksanakan pada hari rabu- senin, 14-19 Maret 2018.
Sebelum melaksanakan Peer Teaching mahasiswa PPG SM3T Jurusan Pendidikan Ekonomi terlebih dahulu sudah melalui proses pengembangan perangkat pembelajaran dan presentase dihadapan instruktur (dosen pembimbing) terkait perangkat pembelajaran yang telah disusun. Dalam siklus tiga ini, mahasiswa difokuskan untuk melakukan pengembangan perangkat pembelajaran kelas XI (sebelas) semester ganjil yang terdiri dari 5 (lima) Kompetensi Dasar.
Tahap pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan selama ± 2 (dua) hari. Dalam jangka waktu tersebut, setiap kelompok diwajibkan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan/materi ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen penilaian, dan media pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang telah dibagikan pada saat awal pertemuan siklus tiga.
Tahap presentase perangkat pembelajaran dilakukan selama 1 (satu) hari. Masing-masing kelompok mempertanggung jawabkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan ditanggapi oleh peserta/kelompok lain termasuk oleh instruktur untuk kesempurnaan perangkat pembelajaran.
“Kita butuh mematangkan perangkat pembelajaran yang telah dibuat agar saat praktek mengajar kalian tidak pusing untuk melaksanakan skenario pembelajaran yang telah dibuat, ” tutur Dr. Hj. Inanna, S.Pd., M.Pd. selaku instruktur.
Terkait Peer Teaching, Setiap mahasiss akan tampil untuk praktek mengajar dalam kelas kecil. Setiap penampilan akan dinilai dan dikomentari langsung oleh instruktur. Kegiatan peerteaching dilakukan dalam waktu yang cukup lama dengan harapan mahasiswa bisa menerapkan rencana pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang sesungguhnya agar kegiatan yang dilakukan mahasiswa dapat diperhatikan sedetail mungkin.
“Kegiatan peerteaching kita alokasikan lama supaya kita bisa lihat semua kegiatan yang akan kalian lakukan dalam kelas, istilahnya begini yang lain masih berteori, kita sudah praktek, sehingga saat dilapangan nanti kalian sudah terbiasa, ” ucap Muhammad Hasan, S.Pd., M.Pd. Yang juga sebagai instruktur.
Setelah kegiatan Peer Teaching berakhir, mahasiswa akan diberikan pendalaman materi, baik materi pedagogik maupun materi profesional agar tujuan akhir dari program ini dapat tercapai yaitu menjadi guru profesional dengan menyandang gelar Gr.
====
Penulis:
Rahmat Hendra HR, S. Pd.
Editor :
Muhammad Nurudin, S. Pd.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar